Sejarah Berdiri

33Pondok Pesantren Nurul Huda (PPNH) Sukaraja, Kec. Buay Madang, Kab. OKU-Timur. Merupakan pesantren yang berhasil memadukan dua tradisi yaitu tradisi salaf (diniah, atau baca kitab kuning) dan tradisi modern (berbasis kurikulum negeri). Pesantren Nurul Huda Sukaraja yang resmi didirikan pada tanggal 29 Syawal 1401 H/31 Sepetember 1980 dan terdaftar pada Departemen Agama Republik Indonesia Kanwil Propinsi Sumatra Selatan Nomor 014 Tanggal 26 Desember 1989 yang ditandatangani oleh Drs.H.Mursyal HM. Taher sebagai kepala bidang pembinaan perguruan agama islam pada masa itu.

Awalnya KH. Afandi, BA. bersama dengan 14 santri pada masa itu atas permintaan pengurus masjid Jami’ yang telah dirintis oleh seorang tokoh agamawan Ky. Rubiyah untuk datang kedesa sukaraja guna meramaikan aktifitas agama didesa tersebut. Kemudia KH. Afandi merintis pesantren dengan melengkapi pendidikan Diniyahnya ditingkat Diniyah Wustha (Tingkat Tsanawiyah) dan Diniyah Ulya (tingkat Aliyah) yang sebelumnya dirintis oleh Bapak Ky. Yusuf dengan Madrasah Diniyah Ula (tingkat Ibtida’iyah). Tiga tahun kemudian berdirilah Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang menggunakan kurikulum Depag. Hal ini karena dipandang peting dan diperlukan ditengah-tengah kehidupan para santri dan lingkungan sekitar.
Atas peran KH. Drs. Sholeh Hasan dan peran serta masyarakat akhirnya berdirilah Madrasah Aliyah (MA), Roudlotul Athfal (RA) pada tahun 1986 yang keduanya memakai kurukulum Depag, sedangkan untuk Madrasah Aliyahnya kini telah dilisensi dengan status disamakan, kemudian KH. Drs. Sholeh Hasan diberi amanat untuk menjadi Pimpinan Yayasan tersebut.